Gunakan form dibawah untuk mencari aplikasi yg anda butuhkan via internet
Google

Rabu, 06 Juni 2007

Cara install MT-4 di Ubuntu (bag 2)

Ok, lanjut lagi untuk ngebahas cara instalasi Millennium Trader 4 di Ubuntu 6.06 Dapper drake.

Siapkan dulu perlengkapan utama :
1. Coffee sama cemilan (jaga kesehatan, kurangi rokoknya :p).
2. CD Linux Ubuntu 6.06 Dapper Drake (wajib ada)
3. Applikasi Wine for debian versi terakhir (kalo ada sih.., ga ada juga gpp... ntar dari terminal di sudo wget aja..)
4. Aplikasi WineTools (dibutuhkan sebagai tool untuk setup beberapa font dan system tertentu agar MT-4 bisa running di linux)
5. Applikasi millennium trader 4 client terminal (mt4setup.exe), bisa didownload di situs resminya atau dari link download di blog ini.

Kayaknya itu aja deh kebutuhan utamanya (lupa2 inget..:p). Nah, bagi yang belum punya CD wajib Ubuntunya, terus males mau download. Bisa deh minta kirim copian ke sy. Biaya per CD (ubuntu emang 1 CD) nya Rp 30.000 (termasuk biaya burning dan ongkos kirim...:P). Pesennya via pm atau mail deh. CD sampe ke tempat anda 1-3 hari tergantung jarak tempuhnya ....hehhehe.
Ok deh cukup promosi jualan CD nya.., sy akan mulai dengan step by step cara instalasi nya.

Instalasi Ubuntu.

Sebelum meng-install Ubuntu pada BIOS harus di set Boot Device Priority-nya dulu, dalam menginstall Ubuntu Boot Device Priority harus di arahkan ke CDROM. Untuk masuk ke BIOS tiap Motherboard mempunyai standart sendiri. Namun sebagian besar tinggal menekan tombol delete atau F2.

Mulai langkah instalasi
Masukkan CD ubuntu dapper, lalu restrat komputer. Setelah di restart, maka akan muncul tampilan layar sebagai berikut (apabila komputer di booting via cdrom)


Pilih Start or Install Ubuntu, tunggu hingga muncul layar seperti di bawah


Gambar diatas menunjukkan bahwasanya kita telah berhasil menjalankan Ubuntu Live-CD. Di LiveCd kita dapat menjajal kemampuan Ubuntu tanpa harus menginstall ke harddisk, pada saat ini anda dapat menulis dokumen, berinternetan, layaknya anada sudah menginstall ke Harddisk. Dan perlu diingat bahwasanya ini hanya bersifat readonly yang berarti semua dokumen yang di simpan di /home hanya lah sementara dan akan hilang jika di reboot. Kita asumsikan anda mempunyai hardisk baru 10 GB belum di partisi dan akan di install Ubuntu.

Langkah selanjutnya kita harus mempartisi harddisk dulu, klik System>Administration>Gnome Partition Editor


Hingga muncul tampilan sebagai berikut


Karena kita akan membuat partisi baru maka klik kanan di area hitam muda hingga muncul seperti gambar diatas


Kilk create, kemudian tunggu



Klikk kanan di area hitam muda lagi hingga muncul gambar diatas. Dan jangan lupa kita harus menentukan berapa mesar partisi yang digunakan.

Setelah kita mengeklik add maka akan muncul warna biru pada areal hitam muda, pada gambar di atas masih terdapat area hitam muda hal ini di karenakan masih adanya ruang sisa. Untuk itu maka kilk kanan lagi pilh new


Pada gambar diatas areal yang kosong tadi akan digunakan sebagi partisi swap, kemudian klik add, (linux minimal membutuhkan partisi swap dan root) setelah itu bila kita ingin melakukan tindakan pemartisi hardisk yang telah di lakukan tadi maka klik apply hingga muncul tampilan sebagai berikut


Kilk aplly lagi, kmudian tunggu loadingnya

Setelah proses pemartisian harddisk selesai maka akan muncul tampilan sebagai berikut



Kemudian Klik close. Untuk langsung menginstallnya kita dapat mengeklik icon INSTALL di Desktop dan tunggu loadingnya hingga muncul tampilan sebagai berikut


Bersambung ke Cara install MT-4 di Ubuntu (bag3)....

Tidak ada komentar: