Gunakan form dibawah untuk mencari aplikasi yg anda butuhkan via internet
Google

Senin, 12 Mei 2008

OOP Pada PHP [Part 4] : Inheritance atau Penurunan

Sekarang tiba saatnya membahas tentang inheritance atau penurunan dari suatu class. Saya masih menggunakan class utama yang sama, yaitu class buku. Class buku ini memiliki turunan (anak) yaitu class komik. Dalam artian yang sebenarnya komik memang termasuk buku. Analoginya sama dengan kehidupan nyata, memang sengaja saya buat seperti itu agar konsep OOP lebih kuat dalam kehidupan nyata. Masalah turunan akan selalu berkaitan dengan hak akses.
Sebagai saran, saat anda belajar hak akses, lebih baik jika anda belajar sambil praktik, dengan cara bereksperimen mengubah dari private, public protected. Dengan cara seperti ini akan lebih mudah memahaminya. Tidak usah berlama-lama, langsung saja pada pembahahasan program

<?php
//menyisipkan class utama yaitu classbuku.php sebagai parent dari class komik
require_once("classbuku.php");

class komik extends buku{
/*
baris dibawah ini adalah kode yang mengakses method yang dimiliki oleh
parent (dalam hal ini adalah classbuku). method author memiliki hak akses
public, karena itu bisa diakses oleh turunannya atau anaknya. Coba anda ganti hak akses tersebut,
menjadi private, maka ada pesan kesalahan error.
*/
public $KomikJudul="Detective Conan";
private $KomikJudul2="Naruto";
protected $KomikJudul3="Doraemon";

function DisVar(){
$this->author(); // mengakses method parent
echo $this->judul; // mengakses property parent
}
}
/*
Baris dibawah ini contoh penggunaan class-class tersebut menjadi object.
Sebagai contoh saja.
*/
$komikku=new komik();
$komikku->DisVar();
$komikku->author(); // langsung mengakses method author milik class buku

/*
mencoba mengakses property dengan hak akses yang berbeda-beda, jika ada error, maklum
memang saya buat seperti itu, bereksperimen lah, asik kok
*/
echo $komikku->KomikJudul;
echo $komikku->KomikJudul2;
echo $komikku->KomikJudul3;
?>

Saya hanya memberikan contoh sederhana, yaitu cara mengakses property dan method milik parent atau class utama. Anda juga bisa membuat method pada class komik yang hanya bisa diakses oleh class tersebut, si parent-nya tidak bisa. Cara membuatnya sama, hanya saja harus bermain-main dengan hak akses.

OOP pada PHP hampir mirip dengan OOP pada java atau C,C++ karena memang sintak PHP mirip dengan sintak C maupun java. Bagi yang sudah belajar java, rasanya PHP hanya sarapan pagi saja. Apa gunanya menggunakan OOP pada PHP? setelah menerbitkan tulisan OOP bagian yang lalu, ada yang berkomentar OOP pada PHP tidak begitu esensial. Memang tidak menjadi masalah yang utama, pemrograman web masih bisa dikerjakan dengan PHP secara struktural, tetapi kembali ke masalah update core programming (weleh, apa ini) kita. OOP menjadi sangat penting, saya rasa semua bahasa pemrograman akan mengarah ke sana. Hampir tidak ada bahasa pemrograman yang tetap berdiam diri pada sturktural mode. Semuanya berevolusi menjadi OOP. Tentu saja, kroni, pengembang, pengikut setia suatu bahasa pemrograman akan berberes diri untuk menyambut evolusi ini.

Tapi kenapa OOP ? kalau menurut saya OOP menjanjikan suatu framework, mindset dan logika yang bagus untuk pengembangan suatu teknologi software. Cara tradisonal atau lebih disebut struktural sudah tidak mencukupi lagi. Jadi saya rasa tidak ada salahnya mengupgrade core programming anda. Dan jika anda maniak PHP, programmer web atau yang sedikit berminat dengan web, mulailah dengan PHP.

Tutorial ini disadur dari : Bimoweb.com

Tidak ada komentar: